Friday, July 29, 2005

Tabayyun..

Beberapa hari lalu, seorang rekanku (B) telp ke aku, cerita ttg ancaman yg dia terima dari seseorang (A) karena B dituduh menyebarkan 'fitnah' (sengaja aku beri tanda kutip) ttg A. 'Fitnah' yg dituduhkan si A (tentu dg versinya) adalah beredarnya informasi/berita bahwa A sudah menikah dg seorang akhwat (N). A menuduh B yg menyebarkan fitnah, sehingga banyak pertanyaan, komentar, ucapan selamat yg diterima A.

B yg merasa tidak memfitnah, jelas tidak terima dg tuduhan tersebut. Terutama dg adanya ancaman A akan menghapus email account si B di berbagai server. Bagiku jelas, ini TINDAKAN SEPIHAK dan TIDAK BERETIKA, karena langsung menuduh yg bukan2 dan main ancam :(

Aku sarankan B agar bersabar, karena lambat laun kebenaran akan terungkap. B mau terima usulanku, malah dia melakukan penyelidikan tentang berita (bukan fitnah) yg tersebar. Selama beberapa lama B melakukan penyelidikan, dan akhirnya dia telp lagi ke aku untuk menceritakan permasalahannya.

Masya ALLOH, ternyata permasalahannya SEPELE SEKALI. Orang2 mengucapkan selamat kepada A karena A HENDAK DIWISUDA, BUKAN KARENA MENIKAH. Oke, dari keterangan yg aku terima dari B (karena hingga artikel ini dibuat tidak ada keterangan dari A) A tidak melakukan konfirmasi ke B, dia malah langsung main tuduh dg dasar komentar2 di blognya (+ info sekilas yg dia dengar/terima dari pihak lain).

Di sinilah diperlukan yang namanya TABAYYUN. Tabayyun berarti cross check (bahasa kerennya cek dan ricek, upss...spam ;-) terhadap suatu berita. Tentunya cross check yang dilakukan mestilah proporsional, jika perlu dipertemukan semua pihak yang mengetahui kabar tersebut.

Dalam melakukan TABAYYUN, JANGAN SAMPAI TERJEBAK DG TINDAKAN MENUDUH...karena bisa jadi, saking semangatnya melakukan cross check, maka pihak yg (dianggap) menyebarkan berita malah tertekan dan tersudutkan. Akibatnya malah bisa terjadi hal-hal yg runyam dan bisa memperlebar masalah...

So, buat rekan2ku, dan anda semua yg membaca artikel ini, JIKA ANDA MENJADI KORBAN BERITA TIDAK JELAS, hendaklah anda semua:
1. Tetap bersikap tenang jika menerima berita yg tidak jelas ttg diri anda
2. Lakukan penyelidikan, telusuri dari siapa berita tsb berasal
3. Jika bertemu dg penyebarnya, lakukan dialog untuk meluruskan berita
4. Umumkan hasil dialog ke media yg bisa diakses oleh orang2 yg sudah 'memakan' berita tidak jelas tersebut

JIKA ANDA MENERIMA BERITA TIDAK JELAS:
1. Tetap bersikap tenang jika menerima berita yg tidak jelas ttg orang lain
2. Lakukan penyelidikan, cari tau dari sumber yg cukup kredibel, jangan terlalu percaya satu pihak.
3. JANGAN IKUT MENYEBARKAN BERITA TIDAK JELAS TERSEBUT...!!
4. Tunggu kebenaran cerita tersebut, tidak perlu ikut panik (eh, redundan ya?? gpp dah...)

5 comments:

Anonymous said...

belajar memaafkan adalah hal yang tersulit, tetapi lega jika telah memaafkannya..

Anonymous said...

FRIENDSTER IS CLOSING SOON ...

Eh, udah di tabbayun belum yah?..

Anonymous said...

Well done!
[url=http://ikyacklh.com/sllv/lynw.html]My homepage[/url] | [url=http://cbqpeigh.com/osme/voxk.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Thank you!
My homepage | Please visit

Anonymous said...

Good design!
http://ikyacklh.com/sllv/lynw.html | http://ypplpmfx.com/vtlb/blth.html