Sunday, July 24, 2005

Islam = Agama Silaturahmi

Assalamu'alaykum Wr Wb

(baca sholawat kepada Rasululloh SAW)

Islam bisa dikatakan agama yang penuh dengan semangat silaturahmi (berasal dari kata shilat atau washl, yang artinya menyambungkan, dan ar rahiim yang artinya kasih sayang, sehingga silaturahmi/silaturahim = menyambungkan kasih sayang), selain sebagai agama Rahmatan lil 'aalamiin. Silaturahmi cenderung diartikan saling bertemu dengan sesama manusia, mendekatkan ikatan kekeluargaan, persaudaraan, dst...dst...

Oke, sebagai bukti bahwa Islam = agama silaturahmi, anda bisa lihat anjuran Rasululloh SAW (minimal) kepada kaum pria agar sholat berjamaah di masjid. Ini artinya, setiap hari kita akan bertemu dengan tetangga dekat, melakukan ibadah yg serupa, kemudian bisa saling berkomunikasi, dst dst.... Saat ada seorang jamaah yang tidak hadir, akan terasa kita akan merasa kehilangan seorang anggota 'keluarga', ini artinya dalam diri kita telah tumbuh rasa kasih sayang kepada jamaah ybs.

Pada hari Jum'at, kaum pria mesti menghadiri Jum'atan. Di hari itu, acara silaturahmi yang terjadi lebih besar, karena tidak saja tetangga dekat yang hadir, bisa jadi ada saudara dari beda rw yang ikut hadir di masjid. Selain itu, akan banyak hadir tetangga dekat yang jarang kita temui pada saat sholat berjamaah. Dengan demikian, scoop dari silaturahmi menjadi lebih besar.

Ternyata tingkatan silaturahmi yang diajarkan Islam tidak berhenti pada level ini. Masih ada event lain yang mengajak kita untuk MEYAKINI bahwa Islam adalah agama yang SEMPURNA;-)

Event tersebut adalah SHOLAT 'IED, baik 'Iedul Fitri ataupun 'Iedul Adha. Kaum muslimin/muslimat akan berbondong-bondong hadir di satu tempat yang luas, dan bisa menampung ratusan bahkan ribuan umat untuk bertemu dan saling mengenal. Anda bisa bayangkan, selesai sholat 'Iedul Fitri kita akan saling bersalaman dan bermaafan dengan jamaah terdekat dengan kita. Padahal mungkin kita tidak kenal, tapi kita tetap minta maaf, karena bisa jadi 5 menit lalu kita ngebatinin dia, entah pakaian yang dia pakai atau sajadahnya, atau hal2 lainnya...:)

Dan tingkatan akhir dari silaturahmi yang diajarkan Islam adalah HAJI. Pada musim haji, JUTAAN manusia DARI SELURUH DUNIA BERKUMPUL. Kita akan bertemu dengan saudara muslim dari Amerika, Inggris, Perancis, juga dari Afrika, Mesir, Iran, Soviet, dst dst (tentu saja dengan Arab) dengan keunikan dari masing-masing individu dan kebudayaan yang mereka bawa. Di saat inilah, akan terasa bahwa betapa Islam adalah agama yang TIDAK MEMBEDA-BEDAKAN RAS, JABATAN, KEDUDUKAN, DST DST... Yang membedakan manusia hanyalah TINGKAT KETAQWAANNYA...

Demikian uraian singkatku tentang Islam sebagai agama silaturahmi. Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa dishare dengan kaum muslim lainnya:)

Wa'alaykumsalam Wr Wb

No comments: