Friday, July 01, 2005

Intisari Khutbah Jum'at - 20050701

Pada Jum'at kali ini, aku 'magang' lagi di client, so aku langsung aza tulis ikhtisarnya.

Khutbah Jum'at kali ini membahas tentang pendidikan anak. Aku tidak sempat mengingat semua hal yang diutarakan khatib, namun secara garis besar aku tangkap bahwa sebagai orang tua, ada beberapa kewajiban yang mesti dilakukan terkait dengan perkembangan anaknya, yang telah menjadi anugerah sekaligus amanah dari ALLOH SWT.

Beberapa kewajiban tersebut adalah:
1. Memberi nama yang baik. Rasululloh SAW memperbolehkan nama anak diambil dari Asmaul Husna, namun MESTI ditambahkan sesuatu. Misalnya menggunakan nama Rahman, maka 'jadikan' Abdul Rahman, dst. Diperbolehkan juga untuk mengambil nama malaikat, dengan syarat 'tambahan' serupa seperti sebelumnya.

2. Mengaqiqahkan. Jika anaknya lelaki maka mesti memotong 2 ekor kambing. Jika perempuan maka 1 ekor kambing.

3. Mengkhitankan, jika anaknya lelaki. Adapun untuk perempuan, khitan adalah hal untuk memuliakannya.

4. Wajib menafkahi dengan rejeki yang halal. Akhlak seorang anak bergantung dari kehalalan rejeki yang didapat orang tuanya, meskipun gizi juga berpengaruh... Namun gizi berpengaruh ke fisik, sementara halal akan berpengaruh ke mental.

Poin-poin lain tidak sempat aku catat, karena kehabisan kertas ;) Namun dari sini, kita bisa ambil hikmahnya, bahwa MINIMAL 4 point di atas mesti kita tunaikan selaku orang tua, agar anak qt menjadi anak yang saleh dan berbakti pada orang tuanya:)

No comments: