Friday, July 22, 2005

Intisari Khutbah Jum'at - 20050722

Kali ini aku jumatan di Bandung, sehubungan dengan pengobatan yg sedang aku lakukan. Aku jumatan di samping rumah, yg dekat2 saja lah;-)

Khatib jumatan kali ini mengambil 3 penyakit kronis yang menjadi penyebab kerusakan yang kian parah di negara kita.

Ketiga penyakit itu adalah:
1. Terlalu menurutkan hawa nafsu. Banyak tindak kriminal yang terjadi dikarenakan mudahnya manusia menuruti hawa nafsunya. Sebagai contoh, banyak pembunuhan yang terjadi diakibatkan hal2 sepele. Perampokan dan korupsi banyak diakibatkan karena nafsu ingin memiliki harta yang banyak tanpa ingin bekerja keras (dengan halal).
2. Kikir, yang dibagi menjadi:
a. Kikir harta. Kikir jenis ini sudah banyak contohnya. Terlalu sering mengumpulkan harta, tidak peduli dengan cara apapun tanpa mau sedekah, berzakat atau berinfaq. Qur'an sudah memperingatkan manusia di surat Takatsur, bahwa banyak dari manusia yang bermegah-megahan dalam mencari harta, dan lupa bahwa sesungguhnya harta tidak akan dibawa ke kubur.
b. Kikir ilmu. Kikir jenis ini seringkali tidak disadari secara langsung, karena sifatnya yang kasat mata. Banyak diantara kita yang belajar ini itu, menguasai ini itu, dan ahli dalam banyak hal. Akan tetapi, semuanya itu hanya dia gunakan untuk kepentingan diri sendiri, tidak berbagi dengan orang lain. Akibatnya, ilmu tersebut akan menjadi sia2, karena jika dia mati, maka berhentilah ilmu tersebut. Sebaliknya, dengan menyebarkan/berbagi ilmu akan mengakibatkan banyak amalan yang dia terima karena salah satu amalan yang akan selalu mengalir adalah ilmu yang bermanfaat.
c. Kikir kekuasaan. Kikir tipe ini banyak menghinggapi para pemimpin/pejabat. Di saat mereka mempunyai kekuasaan, mereka ingin menjadi tokoh sentral. Semuanya BERGANTUNG kepada dia. Padahal sebaik-baik pemimpin adalah yang kerjanya tidak banyak, karena dia sudah mendistribusikan kepada anak buah/rekan kerjanya. Dia tinggal mengerjakan yang memang benar-benar penting.
3. Ujub, riya', takabur. Urusan ini juga sering tidak disadari. Banyak orang menganggap dirinya suci, bersih. Setelah ikut training diniyah, atau spiritual training atau apapun istilahnya, dia merasa hatinya menjadi bersih. Padahal, pada saat dia menyatakan dirinya/hatinya bersih, maka pada saat itu pula sebenarnya masih ada ketidak bersihan yang melekat di jiwanya.

Marilah kita memohon kepada ALLOH SWT, semoga kita semua terlindung dari 3 penyakit di atas...

Islam tentu saja menyediakan obat untuk ketiga penyakit tersebut. Ketiga obat tersebut adalah:
1. Menjaga dan memelihara batin/rohani kita.
2. Islam sebagai agama yang seimbang tidak hanya memberikan solusi utk rohani, akan tetapi juga jasmani. Kita mesti menjaga dan memelihara jasmani juga.
3. Menjaga keluarga: istri, anak, dan harta kekayaan. Kesemuanya mesti dijaga dengan cara mencari rejeki yang halal dan baik.

No comments: