Friday, July 08, 2005

Intisari Khutbah Jum'at - 20050708

Khutbah Jum'at (di client) kali ini mengambil tema sikap dan tingkah laku manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Sebagai seorang muslim, tentunya kita sudah sering melafadzkan kalimah2 tauhid, tahmid, tahlil, dst dst...akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak hal yang mesti diperhatikan dan ditelusuri ulang berkaitan dengan ibadah yang kita lakukan.

Khatib menyebutkan, betapa kita sering melafadzkan Subhanalloh (Maha Suci ALLOH), namun seringkali kita merasa lebih suci (terbebas dari dosa) dan menganggap orang lain bergelimang dengan dosa dan tidak akan diampuni oleh ALLOH. Ucapan Alhamdulillah (Segala Puja dan Puji bagi ALLOH) menjadi tidak berarti ketika kita menyia-nyiakan setiap nikmat ALLOH, tidak menggunakan sebagaimana ALLOH harapkan. Perkataan Laa Ilaa Ha Illallah (Tidak ada Tuhan selain ALLOH) tidak nampak ketika kita lebih memilih menjadi hamba pekerjaan dan bisnis, padahal ALLOH lah pemilik segala pekerjaan dan bisnis yang ada. Dan akhirnya ALLOHU AKBAR (ALLOH Maha Besar) terabaikan ketika kita merasa lebih hebat, dan menjadikan pekerjaan kita sebagai power untuk bisa menguasai dan menindas orang lain.

Di akhir khutbah, Khatib mengajak para hadirin untuk merenungkan lagi semua kegiatan yang telah dilakukan. Hindari perbuatan yang sia-sia, perbanyak amal kebajikan, shodaqoh karena sesungguhnya bekal yang akan dibawa ke akhirat adalah segala kebajikan yang qt lakukan, bukan harta benda, karena itu semua tidak akan ada nilainya
di hadapan ALLOH SWT.

No comments: