Saturday, June 18, 2005

Intisari Khutbah Jum'at - 20050617

Khutbah Jum'at di Danareksa kali ini mengetengahkan bagaimana mencari nafkah (harta) yang HALAL dan BAIK. Halal = memenuhi syar'i agama, artinya dia didapat sesuai dengan hukum di Islam (tidak melanggar hukum ALLOH), baik = memenuhi persyaratan MEDIS/KESEHATAN. (penulis: Dari sini, kita sudah dapat ambil kesimpulan bahwa Islam merupakan agama yang benar2 seimbang mencakup dunia-akhirat).

Khatib mengisahkan pada jaman sekarang ini betapa sulitnya mencari dan menghidupi keluarga dengan nafkah yang halal, karena (sesuai fitrah) manusia saking cintanya dengan uang sehingga banyak yang tidak memperdulikan lagi cara untuk mendapatkan uang, yang penting memperoleh uang sebanyak-banyaknya.

Uang bisa menjadikan seseorang percaya diri, merasa kuat, namun sebaliknya dapat menghancurkan keluarga, sahabat dan seterusnya.

Khatib juga menyinggung betapa sulitnya mencari sahabat/kawan/rekan yang tulus dan ikhlas. HAMPIR SEMUA persahabatan yang ada sekarang ini, klaim khatib, didasarkan atas perhitungan untung rugi, nyaris tidak ada yang semata-mata mencari ridha ALLOH SWT. Akibatnya, jika seseorang berada di puncak kesuksesan, hampir semua orang menjadi temannya (dengan tujuan memanfaatkan kesuksesan temannya tersebut). Sebaliknya, orang yang sedang dalam bencana (jatuh bangkrut), tidak ada seorangpun yang mau mendekat apalagi mengaku menjadi temannya.

Untuk itu, Khatib berwasiat dan berdoa agar kita semua dimudahkan mencari rejeki (harta) yang halal dan terjauh dari hubungan pertemanan yang dilandasi selain dari ALLOH SWT.

No comments: