Friday, August 12, 2005

Intisari Khutbah Jum'at - 20050812

Khatib mengajak para hadirin untuk membahas fenomena alam. Semula aku pikir fenomena alam ini hanya terkait dg perubahan cuaca...namun ternyata anggapanku salah. Khatibnya sedikit unik;-)

Fenomena alam-fenomena alam yg dimaksud oleh khatib adalah:
1. Tsunami di Aceh. Khatib menceritakan adanya kemungkinan campur tangan manusia dalam 'membuat' gelombang tsunami (doh, teori konspirasi lagi...ughh...)
(keunikan dimulai di point 2 hingga terakhir)
2. Adanya imam perempuan dalam sholat Jum'at di New York. Khatib mengemukakan bahwa tindakan yg dilakukan kelompok yg mengikuti imam wanita tersebut SANGAT TIDAK MENDASAR, karena TIDAK PERNAH ada DALIL/SUNNAH Rasul. Yg lebih menggelikan, menurut khatib, adalah tidak adanya perbedaan shaf laki-perempuan sebagai upaya keseteraan jender...(OMG)
3. Penggunaan bahasa Indonesia dalam sholat, yg dilakukan oleh ustadz Roy. Khatib menyindir bahwa Roy adalah seorang muallaf dg pemahaman Islam yg rendah dan (entah dg cara bagaimana) tiba2 menjadi kiai/ustadz. Sindiran ditambahkan dengan membawa-bawa agama lama Roy, yg mempunyai terjemahan berbahasa setempat. Di akhir penjelasan point ini, khatib menjelaskan bahwa utk kaum Islam, bahasa Arab merupakan SYARAT MUTLAK dalam mendirikan sholat, tidak ada kompromi.
4. Ahmadiyah. Ini juga disebut khatib sebagai fenomena alam. Bagaimana mungkin sebuah umat yg mengaku Islam, namun menjadikan daerah India dan Pakistan lebih suci dibandingkan Mekkah dan Madinah. (Hanya saja khatib tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana 'status' kaum ahmadi yg naik hajinya ke madinah & mekkah; side-A). Selain itu dibeberkan juga beberapa ibadah2 kaum Ahmadi yg 'tidak jelas' dalil. Khatib membandingkan dengan NU&Muhammadiyah, yg secara global tidak banyak perbedaan dalam beribadah dengan umat Islam lain.
Bahkan khatib 'menantang' jika ada kaum Ahmadi yg hadir untuk berargumen (doh...bikin panas aza, untung masjidnya pake AC, hehehe..). Namun di ujung penjelasan, khatib kita ini sepakat bahwa Islam TIDAK BOLEH MERUSAK...jika ada saudara qt yg salah, tugas qt-lah untuk meluruskannya...:-)

Hwadoh, pak khatib, saya kira fenomena alam yg Bapak maksud seperti perubahan cuaca atau hal2 semacamnya, tapi ternyata...aduhhhh...ampun dah...hihihih..:D

2 comments:

Anonymous said...

Wah, mending di masjidku dikit..
Tapi sama juga, lagi bahas ahmadiyah + JIL..

Kekeke...

Anonymous said...

Mi, pesenan gua mana???

*menunggu dengan gemetar* :D